Senin, 17 Agustus 2020

PISAV Pertemuan 5 "Sambungan Kabel dan Interkoneksi"


Sebelum mengikuti materi pertemuan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut | Presensi PISAV Kelas 12

B. TEKNIK PENYAMBUNGAN KABEL DAN INTERKONEKSI

2. Interkoneksi
    Interkoneksi adalah keterhubungan antar-jaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berbeda.
    Berikut ini akan dibahas tentang interkoneksi yang berkaitan dengan audio video. Dalam hal ini, kabel interkoneksi audio video merupakan sebuah kabel yang digunakan untuk menghubungkan atau mengkoneksikan dari satu alat ke alat lain baik digunakan untuk audio, video, maupun audio video.
a. Kabel Audio Interkonek
    Kabel Audio Interkonek adalah kabel yang paling umum ditemukan di pasaran. Kabel ini berfungsi sebagai penghantar sinyal audio analog. Cara termudah mengenali kabel ini, yakni kabel terdiri atas sepasang kabel coaxial dengan konektor (jack) RCA berwarna merah dan putih (atau hitam).
b. Kabel Subwoofer
    Kabel subwoofer dikelompokkan berdasarkan (1) subwoofer aktif atau (2) subwoofer pasif pada instalasi (1) home theatre/home stereo, (2) car audio, dan (3) PA sistem (Sistem alamat publik).
    Kabel subwoofer aktif pada instalasi home theater adalah kabel yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal audio dalam bentuk analog dari perangkat audio (umumnya output mono) menuju subwoofer aktif. Sementara itu, kabel subwoofer pasif pada instalasi home theater biasanya berupa kabel speaker. Kabel subwoofer aktif untuk instalasi car audio biasanya berupa kabel interkonek biasa, sedangkan untuk subwoofer pasif biasanya berupa kabel speaker.

    Kabel subwoofer aktif untuk instalasi sebuah PA sistem umumnya adalah kabel audio analog coaxial berdiameter besar dengan konektor RCA. Sementara itu, kabel subwoofer pasif pada PA sistem umumnya kabel speaker yang diterminasi konektor RCA.
c. Kabel Audio Multimedia
    Kabel audio multimedia adalah kabel yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal audio dalam bentuk analog dari perangkat multimedia seperti computer, laptop, ipod, video camera, proyektor, dan lain-lain ke speaker aktif multimedia. Konektor output pada perangkat multimedia umumnya berupa konektor 1/4 stereo, 1/8 stereo, atau 1/16 stereo.
    Kabel audio multichannel adalah kabel audio interkonek yang memiliki fungsi untuk menghantarkan sinyal audio multichannel seperti audio 5 channel atau 7 channel. Kabel audio multichannel menghantarkan sinyal audio front channel kiri-kanal dan center dan surround channel kiri-kanan (dan back surround channel kiri-kanan).
    Kabel phono adalah kabel yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal audio keluaran dari turntable (pemutar piringan hitam) ke phono stage amplifier. Konektor yang terpasang pada turntable umumnya berupa konektor RCA atau DIN. Sementara itu, konektor yang dihubungkan ke phono stage biasanya berupa konektor RCA.
Gambar 2.21 Kabel phono
f. Kabel Mikrofon
    Kabel mikrofon adalah kabel yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal audio keluaran dari mikrofon ke mikrofon pre-amp, mixer, atau karaoke amplifier. Kabel mikrofon umumnya berupa kabel coaxial dengan dua buah kabel internal yang dikelilingi oleh kabel serabut dengan konektor XLR.
g. Kabel Gitar Listrik
    Kabel gitar listrik adalah kabel yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal audio keluaran dari gitar listrik ke prossesor gitar, amplifier gitar, dan mixer. Kabel gitar listrik umumnya berupa kabel coaxial dengan konektor 1/4 mono.
h. Kabel Video Komposit
    Kabel video komposit adalah koneksi kabel video standar yang mampu menghantarkan sinyal video dengan resolusi maksimal 330 lines (garis). Cara mengenali kabel ini adalah kabel coaxial tunggal dengan konektor (jack) RCA berwarna kuning (kadang-kadang dijual bersama kabel audio stereo).
Gambar 2.24 Kabel video komposit

Demikian materi untuk pertemuan kali ini, macam interkoneksi lainnya akan dibahas di pertemuan minggu depan. Tugas 3 PISAV pertemuan kali ini silahkan klik link berikut | Tugas PISAV Kelas 12

0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...