Jumat, 18 September 2020

AVTUR - Kegiatan 1 Kelas 12

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Untuk memulai kegiatan ekskul AVTUR bagi kelas 12, dalam elektronika khususnya bagian pengukuran dan perbaikan, penggunaan alat ukur adalah salah satu keahlian yang harus dikuasai secara mendalam, dalam pelajaran di kelas 10 dan 11, sudah banyak dipelajari tentang alat Multitester, yang bapak yakin kalian semua kelas 12 sudah menguasainya, namun dalam kegiatan kali ini kita akan mencoba dan mempelajari alat ukur yang mungkin juga sudah diperkenalkan ke kalian di kelas 11, yaitu Osiloskop. Maka dari itu, pada kegiatan pertama untuk kelas 12 adalah mengenali dan mempelajari cara mengkalibrasi Osiloskop.

Sebelum memulai kegiatan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut ini https://bit.ly/DaftarHadirEkskul-AVTUR

Osiloskop yaitu alat ukur elektronika yang bisa memetakan atau memproyeksikan sinyal listrik dan frekuensi jadi gambar grafik, supaya bisa dibaca dan mudah dipelajari. Dengan memakai Osiloskop, kamu bisa mengamati dan menganalisa bentuk gelombang dari sinyal listrik atau frekuensi dalam suatu rangkaian elektronika.
Umumnya, Osiloskop bisa menampilkan grafik dua dimensi (2D) dengan waktu pada sumbu X dan tegangan pada sumbu Y. Osiloskop banyak sekali dipakai pada industri-industri seperti penelitian, sains, engineering, medikal dan telekomunikasi.

Cara Mengkalibrasi Osiloskop
Cara mengkalibrasi sebuah Osiloskop yang akan dipakai untuk mengukur sebuah tegangan, maka kalian harus perhatikan caranya beikut ini.
Cara Pertama
Yang harus kalian lakukan yaitu pengkalibrasian. Setelah kalian mengkoneksikan Osiloskop ke jaringan listrik dan menyalakan. Lalu, kalian amati pada layar monitor yang tampak dilayar yaitu harus garis lurus mendatar.
Cara Kedua
Kemudian kalian atur fokus, intensitas, kemiringan, position X dan position Y. Dengan mengatur posisi tersebut, kalian nantinya bisa mengamati hasil pengukuran dengan jelas dan akan mendapat hasil pengukuran dengan teliti.
Cara Ketiga
Lalu, pakai tegangan referensi yang ada di Osiloskop, maka kalian bisa melakukan pengkalibrasiaan sederhana.
Tegangan referensi yang biasa dijadikan acuan, yaitu tegangan persegi 2 Vpp dengan frekuensi 1 KHz. (2 Vpp 1 kHz).
Cara Keempat
Selanjutnya, kalian tempelkan probe pada terminal tegangan acuan, maka pada layar monitor akan muncul tegangan persegi.

Jika yang dijadikan acuan adalah tegangan 2 Vpp, maka pada posisi 1 Volt/div (satu kotak vertikal mewakili tegangan 1 volt) harus ada nilai tegangan dari puncak ke puncak sebanyak 2 kotak dan untuk time/div1/ms/div (satu kotak horizontal mewakili waktu 1 ms) harus ada satu gelombang untuk satu kotak.
Apabila yang tampak pada layar belum tepat, maka perlu diatur pada potensio tengah di knob Volt/div atau pada potensio dengan label (var).

Untuk lebih jelasnya cara mengkalibrasi Osiloskop, tontonlah video berikut.







0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...