Senin, 28 September 2020

PISAV Pertemuan 9 "Instalasi Sistem Suara pada Home Theater"


Pertemuan kali ini akan dilanjutkan pembahasan konsep home theater yang kali ini akan membahas Komponen pada Home Theater.

Sebelum mengikuti materi pertemuan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut | Presensi PISAV Kelas 12

c. Pemecah sinyal suara surround dan pengirimannya ke speaker (penerima suara)
    Penerima audio/video (A/V) dan penguat disusun dealam home theater dikerjakan sebagaimana menyusun penerima dan penguat dalam sistem stereo kebanyakan. Sinyal penerima memiliki peranti masukan yang bervariasi, seperti VCR, DVD player, atau piringan satellite. Penerima menginterpretasikan dan menguatkan sinyal kemudian mengirim ke peranti keluaran seperti televisi dan system suara.

Gambar 3.11 Penerima audio/video (A/V)

    Susunan penerima audio video dan penguat dalam home theater sebenarnya kombinasi dari komponen yang berbeda-beda. Komponen penerima berupa beberapa hal berikut.
1) Masukan audio video untuk sumber video dapat berupa DVD, DVR player
2) Preamplifier
3) Dekoder suara surround (sinyal prosesor)
4) Power amplifier untuk setiap kanal suara
5) Keluaran untuk speaker dan televisi


d. Peralatan player atau film broadcast dengan suara surround, terutama dengan gambar yang jernih
    Kebanyakan DVD diformat untuk satu atau lebih format suara surround dan memungkinkan gambar ditampilkan dalam aspek ratio original. Misalnya, DVD menampilkan film dengan format layar lebar untuk disesuaikan dengan cara film yang ditonton di teater, namun menggunakan presentasi layer penuh untuk pertunjukan TV asli dengan cara diudarakan.
Gambar 3.13 DVD player

    
DVD player yang lebih tua memiliki kualitas playback tinggi, namun tidak dapat merekam berbagai hal yang ditonton sebagaimana yang bisa dikerjakan dengan VCR. Pilihan lain perekam dan playback adalah perekam video digital (DVR). Tidak seperti VCR, DVR menyimpan video dalam bentuk digital pada suatu hard drive.
    Beberapa perekam video digital dan teknologi playback baru menggunakan dua format yang paling terkemuka, yakni Blu-ray dan HD-DVD. Keduanya memiliki laser biru-violet, sebagai lawan dari DVD player yang menggunakan laser merah. Blu-ray mampu menangani data lebih banyak, namun lebih mahal dari pada HD-DVD.

0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...