Jumat, 11 September 2020

AVTUR - Kegiatan 1 Kelas 11

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Untuk memulai kegiatan ekskul AVTUR bagi kelas 11, dalam mata pelajaran Produktif 2 Penerapan Rangkaian Elektronika ada Kompetensi Dasar terkait dengan Sensor, dalam pembelajaran blog telah dijelaskan tentang teori masing-masing sensor. Maka dari itu, kegiatan AVTUR untuk kelas 11 adalah membuat Rangkaian yang memanfaatkan sensor didalamnya, salah satunya adalah Lampu Tidur dengan LDR atau Light Dependent Resistor.

Sebelum memulai kegiatan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut ini https://bit.ly/DaftarHadirEkskul-AVTUR

RANGKAIAN LAMPU TIDUR OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR CAHAYA LDR
Rangkaian lampu tidur otomatis adalah rangkaian listrik yang akan mengontrol nyala lampu secara otomatis. Ide pembuatan rangkaian lampu ini terinspirasi dari kebiasaan kita sebelum tidur. Seperti yang kebanyakan orang lakukan sebelum tidur, mereka akan mematikan lampu kamar dan menghidupkan lampu tidurnya. Karena dirasa cara ini kurang efektif, sehingga muncul ide untuk membuat rangkaian lampu tidur otomatis ini.
Secara umum, cara kerja rangkaian lampu otomatis akan hidup saat kamar dalam keadaan gelap. Saat kondisi kamar kembali terang, sensor cahaya akan bekerja dan rangkaian lampu tidur otomatis padam. Rangkaian lampu ini disuplay dari dua sumber listrik berbeda, rangkaian sensor cahaya bekerja dengan sumber tegangan baterai (sumber DC). Sedangkan rangkaian lampu langsung mendapat sumber tegangan dari listrik PLN (sumber AC).

Komponen-komponen yang dibutuhkan:
1. LDR                                                        1 buah
2. Resistor 1KΩ                                        2 buah
3. Transistor BC547                                 2 buah
4. Potensiometer 10KΩ                         1 buah
5. Relai 5V tipe SPDT                              1 buah
6. Lampu                                                  1 buah
7. Baterai 9V                                            1 buah
8. Sumber AC 220V

GAMBAR RANGKAIAN LAMPU


CARA KERJA RANGKAIAN LAMPU
Rangkaian lampu tidur otomatis bekerja dengan menggunakan sensor cahaya. Sensor yang digunakan pada rangkaian ini adalah LDR. LDR akan mendeteksi cahaya yang ada di sekelilingnya.
Jika dianalisa dari gambar rangkaian lampu diatas, terlihat bahwa ada dua rangkaian dengan dua sumber yang berbeda. Satu sumber DC dan satu lagi dari sumber AC. Dari gambar rangkaian lampu di atas, terlihat bahwa relay adalah sebagai jembatan atau switch antara rangkaian sebelah kanan dan sebelah kiri. Rangkaian sebelah kiri adalah rangkaian sensor cahaya dengan sumber DC dan terhubung langsung dengan LDR. Sedangkan rangkaian sebelah kanan adalah rangkaian lampu tidur dengan sumber AC yang terhubung langsung dengan Lampu tidur.

Ketika kondisi gelap, nilai tahanan LDR akan menjadi besar, sehingga arus lisrik yang melewati transistor menjadi kecil. Karena arus listrik yang melewati transistor kecil dan bernilai kurang dari tegangan aktif transistor, arus listrik ini tidak dilewatkan. Artinya, rangkaian sebelah kiri tidak aktif karena arus yang ada bisa dianggap diabaikan. Dan relay akan melakukan switching dan menutup sakelarnya ke rangkaian lampu tidur. Artinya, rangkaian kanan (rangkaian lampu tidur) akan close, dan lampu tidur pun menyala.

Gambar Kondisi Gelap dan Lampu Menyala (Malam Hari)

Ketika kondisi terang, nilai tahanan LDR menjadi kecil, arus listrik yang lewat akan menjadi besar pada rangkaian sebelah kiri (rangkaian sensor cahaya). Karena arus listrik yang melalui transistor ini bernilai lebih besar dari pada tegangan di daerah aktif transistor, arus listrik pun dilewatkan, relay dalam kondisi ON di rangkaian kiri. Artinya, rangkaian kiri dalam kondisi CLOSE. Dan rangkaian lampu tidur (rangkaian sebelah kanan) OPEN dan lampu akan padam.

Gambar Kondisi Terang dan Lampu Padam (Siang Hari)

TUGAS KEGIATAN 1
Buatlah gambar Layout dari Skema Rangkaian Lampu Tidur di atas. Kerjakan di buku AVTUR masing-masing!


0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...