Senin, 19 Oktober 2020

PISAV Pertemuan 12 "Instalasi Sistem Suara pada Home Theater"


Pertemuan kali ini akan dilanjutkan pembahasan tentang Melakukan Instalasi Home Theater, yang kali ini akan dilanjutkan membahas Pengaturan Keseluruhan Home Theater dan Setting Suara Surround.

Sebelum mengikuti materi pertemuan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut | Presensi PISAV Kelas 12

3. Pengaturan Keseluruhan Home Theater
    Ketika telah mempunyai semua komponen yang dibutuhkan, sediakan waktu untuk mengatur ruang teater. Ada beberapa factor untuk mempertimbangkan pada saat pemilihan dan penyusunan home theater. Pertimbangan pertama ialah arsitektur ruangan. Home theater akan menyerupai gedung bioskop yang tertutup, ruangan segi empat dengan ruang nyaman, dan sedikit cahaya dari luar. Ruang tertutup dibutuhkan untuk mendapat kualitas suara yang terbaik karena ruang terbuka tidak memiliki akustik ideal.
    Ketika telah memutuskan jenis ruangan yang akan digunakan, sebaiknya ada gambar tempat peletakan peralatan. Posisi televisi sebaiknya mudah dilihat secara nyaman dan system ditempatkan di sekitarnya.
    Sediakan tiga speaker depan sedemikian rupa sehingga ketiganya berada pada ruang datar yang sama, semua pada ketinggian yang sama.

4. Setting Suara Surround
    Terdapat dua sumber utama format suara surround home theater, yaitu Dolby Laboratories dan system theater digital. Format Dolby laboratories meliputi variasi versi dari Dolby digital dan Dolby pro logic. Sistem theater digital memiliki cakupan format suara teater digital DTS. Perusahaan antara keduanya terdapat susunan dizzing (putaran) untuk pilihan suara. Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui.
a. Penyandi DTS menggunakan lebih sedikit tekanan dibanding penyandi Dolby. Ini berarti bahwa suara DTS lebih jelas dan tajam.
b. Penyandi DTS lebih sedikit digunakan pada DVD dan televisi broadcast.
c. Kebanyakan DVD memiliki beberapa pemilih suara Dolby dan juga menawarkan aneka pilihan untuk suara DTS.
    Kebanyakan penerima audio/video tidak terdukung cakupan pilihan yang luas dari Dolby dan DTS. Pilihan penerima akan memutuskan dua hal apakah ingin didukung DTS dan seberapa banyak speaker ingin digunakan untuk mengatur suara surround. Kebanyakan pilihan adalah 5.1, 6.1, dan 7.1 surround, dinamai sesuai jumlah kanal, satu menunjukkan kanal untuk subwoofer.
a. Lima Satu (5.1 / 5 speakers + subwoofer)
Gambar 3.26 Format 5.1
    Pengaturan suara surround 5.1 meliputi speaker depan kiri , senter dan kanan. Ini juga memiliki speaker surround kanan dan kiri. Digital Dolby, Dolby Pro Logic II, dan DTS 5.1 semua mendukung format ini. DTS 96/24 menggunakan format kanal untuk memainkan audio pada kecepatan pencuplikan sebagaimana yang direkam.
b. Enam Satu (6.1 / 6 spekers + subwoofer)
Gambar 3.27 Format 6.1
    
Pengaturan 6.1 mengambil speaker 6 ditambah kanal belakang. Digital Dolby FX menggunakan format ini, pemisah kanal tambahan ke speaker belakang kanan dan kiri. DTS-ES, pada sisi lain menggunakan speaker belakang senter. DTS Neo 6 dapat juga digunakan untuk mendukung format 6 kanal.
c. Tujuh Satu (7.1 / 7 speakers + subwoofer)
Gambar 3.28 Format 7.1
    
Pengaturan 7.1 menggunakan 7 speaker dan 1 subwoofer. Dolby Pro Logic IIx memiliki pemisah kanal untuk speaker belakang kanan dan kiri, lebih baik dari pemisahan satu kanal dan pengarahan ke dua speaker.


0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...