Senin, 07 September 2020

PISAV Pertemuan 7 "Instalasi Sistem Suara pada Home Theater"


INSTALASI SISTEM SUARA PADA HOME THEATER

Dalam sebuah home theatre bukan hanya soal menonton film, melainkan merupakan pengalaman menyatu dengan aksi film tersebut. Hal ini tidak mungkin bisa dilakukan tanpa terciptanya atmosfer dari suara dan efek surround yang bersumber dari penempatan speaker yang tepat. Pada bab ini akan dibahas tentang ini instalasi sistem suara pada home theater.

Sebelum membahas lebih dalam materi pertemuan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut ini | Presensi PISAV Kelas 12

A. KONSEP HOME THEATER
    Sebuah home theater terdiri atas audio dan video. Namun, tidak hanya kedua komponen tersebut, tetapi komponen kebisingan ruang pun harus terjaga agar suara dari luar tidak mencampur masuk ke dalam home theater.
1. Pengertian Home Theater
    Sebuah home theater diartikan sebagai theater atau bioskop yang ada di dalam rumah. Untuk konsepnya, home theater ini meniru sistem kerja sebuah theater atau bioskop dalam hal perlengkapan menonton. Istilah home theater sering diartikan dengan istilah bioskop rumah, tentunya dengan ini dapat merasakan sensasi menonton seperti di bioskop.
    Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa home theater atau bioskop rumah adalah seperangkat alat elektronik hiburan yang di-setting untuk menyajikan suasana menonton seperti di bioskop. Home theater biasanya terdiri atas perangkat video dan audio seperti fitur audio 5 in 1 ch, 7 in 1 ch, dan 9 in 1 ch (5 in 1 ch biasanya dikenal dengan 5.1ch, begitu juga dengan fitur audio lainnya) dan untuk perangkat ini dilengkapi dengan banyak jumlah speaker. Home theater standar biasanya menggunakan 4 speaker audio R dan L, 1 unit speaker center, dan 1 subwoofer. Keempat speaker R dan L ini tentunya memiliki audio yang berbeda-beda, untuk kualitas audio yang dikeluarkan layaknya berada di dalam bioskop.

2. Fungsi Home Theater
    Banyak orang yang salah sangka mengenai fungsi dari home theater itu sendiri sehingga timbul pertanyaan apakah home theater bagus untuk karaoke dan home theater apa yang bagus untuk karaoke. Pada dasarnya, home theater berfungsi untuk audio saat menyaksikan film atau dapat diartikan sebagai home cinema, yaitu sebuah audio untuk orang hobi menonton film. Tentunya dari fungsi tersebut dapat menjelaskan tentang kualitas audio home theater tidak diperuntukkan untuk karaoke. Kualitas audio terbaik untuk karaoke sebaiknya menggunakan speaker pasif. Alasannya, kualitas audio speaker pasif ini dikenal cocok untuk karaoke.

0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...