Senin, 05 Oktober 2020

PISAV Pertemuan 10 "Instalasi Sistem Suara pada Home Theater"


Pertemuan kali ini akan dilanjutkan pembahasan tentang Melakukan Instalasi Home Theater.

Sebelum mengikuti materi pertemuan kali ini silahkan kalian mengisi Daftar Presensi dengan menuju link berikut | Presensi PISAV Kelas 12

B. MELAKUKAN INSTALASI HOME THEATER
    Sebelum melakukan instalasi komponen audio video dalam home theater, sebaiknya mempertimbangkan tentang ruang karena tingkat kedap ruang juga mempengaruhi kualitas dari home theater.
1. Ruang Akustik

Gambar 3.14 Skema ruang akustik

    Akustik Ruang terdefinisi sebagai bentuk dan bahan dalam suatu ruangan yang terkait dengan perubahan bunyi atau suara yang terjadi. Akustik sendiri berarti gejala perubahan suara karena sifat pantul benda atau objek pasif dari alam.
a. Pantulan, Penyerapan, Difusi
    Ketika berbicara tentang masalah ruang akustik dan solusi perlakuan ruang, tiga konsep utama akan diingat Kembali, yaitu pantulan, penyerapan, dan difusi. Pantulan suara diperlukan untuk musik dan percakapan suara natural, namun terlalu banyak mengurangi kualitas suara. Pantulan suara dikendalikan dengan penyerapan atau dengan difusi (pantulan disebarkan).

b. Mode Gelombang Berdiri dan Resonansi Ruang


Gambar 3.16 Model resonansi ruang

    Permukaan reflektif parallel (seperti dinding ruang atau lantai dan langit-langit) sering dijumpai. Hal ini akan memberi pengalaman derajat tingkat kejadian mengenai gelombang berdiri. Gelombang berdiri menyimpangkan frekuensi bass dan menengah di bawah 300 Hz.
c. Ukuran Ruang
    Sebenarnya mudah untuk mengalkulasi gaya aksis resonansi ruangan yang benar-benar cantik. Pengetahuan frekuensi gaya aksis akan memberikan informasi yang berharga tentang cara sistem dan ruangan berinteraksi, khususnya pada frekuensi bass dalam cakupan 300 Hz. Pertama, dapatkan ukuran panjang, lebar, dan tinggi ruangan. Misalnya, ruangan yang digunakan mempunyai dimensi ruang tipikal 21 kaki panjang x 12 kaki lebar x 8 kaki tinggi.
d. Cara Menghadapi Gaya Resonansi Ruang
    Gaya ruang didasarkan pada dimensi ruang yang sulit diubah (bahkan bass yang disukai audiophiles ragu melalui pemindahan dinding hanya untuk mendengar frekuensi rendah). Perlakuan ruang menghasilkan pengendalian pantulan treble yang besar dengan memilih panjang gelombang, yaitu tidak bekerja pada sepanjang gelombang pantulan panjang gelombang bass yang panjang.

Tabel 3.1 Perbandingan Tinggi, Lebar, dan Panjang Ruangan

e. Echo
    Pada umumnya, masalah ruangan diakibatkan oleh permukaan paralel (dinding, lantai, dan langit-langit) yang keras memantulkan suara. Akibatnya menghasilkan apa yang dinamakan flutter echo, yaitu suatu suara gema yang tinggal setelah bunyi langsung dihentikan.

0 komentar:

Posting Komentar

PISAV 11 Pertemuan 6 Genap - Rangkaian Proteksi Sistem Audio

RANGKAIAN PROTEKSI SISTEM AUDIO        Sistem audio merupakan sebuah system yang isinya berupa komponen-komponen elektronik yang dirangkai m...